Rabu, 25 April 2012

Sejarah SDN 3 Pawenang

Sejarah Singkat & Kondisi SDN 3 Pawenang

SD Negeri 3 Pawenang berlokasi di Jalan Raya Pawenang Rt.13/03 Desa Pawenang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.
Gambaran singkat berdirinya SDN 3 Pawenang adalah merupakan sekolah tertua di Desa Pawenang Kecamatan Nagrak. Sekolah ini didirikan pada tahun 1915 dengan nama Sekolah Desa, ketika itu NKRI masih dalam masa penjajahan Belanda dengan fasilitas kelas hanya sampai kelas 3 (tiga) dan apabila ingin meneruskan sekolah harus ke Nagrak atau cibadak.
Pada tahun 1954, dibangun kembali ruangan belajar oleh masyarakat Desa Pawenang. Ketika itu Sekolah Desa (SD) telah berubah nama menjadi Sekolah Rakyat (SR) atau Sekolah rendah dengan fasilitas kelas hanya sampai kelas 4 (empat). Pada tahun 1957, pertama kali ada lulusan kelas 6 (enam) dengan jumlah belasan siswa. Pada tahun 1974 SDN 3 Pawenang dibangun secara utuh atas bantuan biaya dari pemerintah dengan tambahan biaya lokal setiap tahun dengan sarana dan prasarana yang sudah memadai dan pada tahun 1985 SDN 3 Pawenang resmi di operasikan hingga saat ini, namun di dalam perjalanannya SDN 3 Pawenang mengalami beberapa kali perubahan nama dari SDN Pawenang III hingga sekarang menjadi SDN 3 Pawenang.
Selain perubahan nama sekolah, SDN 3 Pawenang pun mengalami perubahan bangunan melalui rehab, biaya yang diperoleh untuk rehab di dapatkan dari pemerintah ada juga dari LSM dan orang yang peduli terhadap pendidikan serta swadaya masyarakat. Dan Alhamdulillah baru-baru ini SDN 3 Pawenang mendapatkan 3 bangunan baru diantaranya WC, Perpustakaan dan ruang kelas baru.
Meskipun kondisi sarana dan prasarana di SDN 3 Pawenang masih banyak kekurangannya, SDN 3 Pawenang merupakan salah satu SD yang berprestasi di Kecamatan Nagrak dan sering menjuarai perlombaan baik di tingkat gugus, kecamatan bahkan ada yang lolos ke tingkat kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar